Monday, January 2, 2017

Buku-Buku yang Membentuk Dunia

Dari buku Euclid Element 300 SM dan Analect Confucius 2,400 tahun yang lalu sampai ke Manifesto Communist nya Marx dan Engels juga Interpretation of Dreamnya Freud. Buku-buku telah membentuk dunia kita yang sekarang ini.



Salah satu buku yang dilarang oleh gereja. Ditulis oleh srorang wanita prancis bernama Simone de Beauvoir, membahas mengenai  seksualitas, lesbian dan pakaian. “Seorang yang tidak terpuaskan,dingin, nimfomania, lesbi, ratusan kali aborsi, aku adalah banyak hal, bahkan seorang ibu yang tak pernah menikah,” tulis Simone de Beauvoir atas reaksinya kepada cetakan kedua The Second Sex. The Second Sex mempertanyakan pertanyaan fundamental mengenai semua hal feminisme:apakah yang disebut wanita?.

De Beauvoir menolak alasan biologi, seorang wanita lebih dari rahim dan menginginkan persamaan, yang membuatnya membuat pernyataan terkenal: “seseorang tidak dilahirkan wanita, tetapi untuk menjadi seorang wanita.” De Beauvoir juga menyamakan penindasan wanita kepada kaum lainnya seperti Yahudi, kulit hitam di Amerika, bangsa terjajah. Dan menyebut para laki-laki sebagai oppressors. Dia tidak menyukai pekerjaan wanita yang sedari dulu di dapur maupun di dalam rumah saja. Yang ia juga sebut sebagai “cara untuk menghindari kematian tetapi bukan cara untuk hidup”. Wanita harus mendapatkan bayaran seperti laki-laki, mendapat pendidikan yang sama, wanita harus mendapatkan yang sama seperti manusia lainnya.

Buku De Beauvoir yang terbit pada tahun 1949 laku keras di Prancis, dan kemudian merambah daerah-daerah lain dan juga menjadi best-seller di Amerika. Buku De Beauvoir ini akhirnya membuat gerakan feminisme menjamur dan terjadi perubahan bentuk tatanan sosial di dunia seperti sekarang ini dan wanita telah mendapatkan hak kebebasannya menjadi terbantukan.

The Analects by Confucius


Untuk memahami China, kita harus kembali ke 2,400 tahun yang lalu dimana tulisan Confucius yang berjudul Analect muncul. Tulisan tersebutlah yang sekarang membentuk sistem sosial China sampai sekarang dan lihat bagaimana pengaruh keberadaan China di dunia sekarang. Buku yang menjalin semua struktur budaya di China. Tidak seperti Alkitab maupun AlQuran yang berhubungan dengan supranatural, Analect fokus terhadap hubungan manusia dan keteraturannya dengan yang lain : keloyalan terhadap keluarga, kebajikan moral, hirarki sosial dan politik. Kutipan-kutipan di dalam Analect bahkan muncul juga dalam bentuk mirip di dalam Alkitab.

The Origin of Species by Charles Darwin




Darwin bukanlah yang pertama mengatakan bahwa spesies bermutasi dalam kurun waktu tertentu, di saat Yunani kuno banyak filsuf yang telah membahasnya. Tetapi Darwin dan tentu saja Alfred Wallace lah yang membuat sebuah teori mekanisme seleksi alam yang membuktikan bahwa evolusi terjadi dan bagaimana berjalannya. Bukunya tersebut telah membantu mengubah pemikiran sekarang ini dimana sebelum-belumnya selalu dikaitkan terhadap peristiwa supranatural.

Pemikiran Darwin ini mendasari pemikiran para pemikir politik, sosiologi, antropologi, dan filosofi. Dalam buku marx, Communist Manifesto dimana dia mengatakan bahwa seluruh sejarah manusia ada karena adanya perjuangan kelas. Dan tentu saja itu benar sama seperti yang dikemukakan oleh Darwin. Dan membantu memulai dunia pemikiran modern untuk menjadi seperti sekarang ini.

Elements by Euclid

Element ditulis di Alexandria sekitar 300 SM, buku yang berjumlah 13 dimana terdapat 465 teorema gemoetri. Terdapat juga sebuah pembuktian akan teorema Phytagoras dan juga pembuktian terdapat angka tak terbatas dari bilangan.

Sungguh luar biasa keseluruhan teorema tersebut muncul dari apa yang ia bisa disebut kebenaran pribadi untuk dirinya sendiri. Tetapi memang benar, tidak seperti keilmuan lainnya dimana terdapat teori maupun toerema yang menggantikan atau saling tolak menolak satu sama lain. Teorema di dalam Element ini tetap sama seperti saat pertama kali dibuat oleh Euclid. Salah satu isinya adalah sebagai berikut, jika diberikan dua buah titik maka kamu dapat membuat sebuah garis lurus diantaranya, hasil tersebutlah yang digunakan dalam kompas dan peta. Luar biasa atas apa yang dilakukannya, tetapi penghargaan terhadapnya mungkin tidak terlalu besar, tetapi dia bukanlah orang yang besar karena apa yang dia lakukan, tetapi atas bagiamana dia melakukannya di dalam Element.

The Interpretation of Dreams by Sigmund Freud

Ditulis pada tahun 1899 oleh Freud memperlihatkan letak sisi tergelap dari psikologis kita, sex dan kekerasan. Hal yang padahal sebelum-sebelumnya selalu dihindari oleh para penulis. Telah diperlihatkan bagaimana sisi-sisi gelap tersebut tertempa, terkunci dan membentuk keinginan dan segala hal kita.
Buku ini dapat membuat para pembacanya muncul kebingungan akan pemaknaan dan simbol, tetapi adanya buku inilah semua kegiatan intelektual di abad sekarang terbentuk. Buku ini bukannya memberi tahu tetapi sebenarnya malah dikatakan membuka pintu untuk ke jenjang misteri yang lebih luas mengenai diri kita sendiri.

A Sand County Almanac by Aldo Leopold



“Ada orang yang dapat hidup tanpa alam liar, dan ada yang juga tidak dapat,” tulis Aldo Leopold di dalam A Sand County Almanac. Seperti angin dan sunset, hal-hal seperti itu dapat diambil maknanya sampai kemajuan mulai menghapus makna tersebut.. Untuk kita orang-orang minoritas, kesempatan untuk melihat angsa lebih penting daripada televisi, dan kesempatan untuk menemukan bunga pasque lebih terasa benar dibela daripada kebebasan berbicara.”

Di publikasikan pada tahun 1949, setahun setelah kematian penulis, salah satu buku paling berpengaruh mengenai kealamian yang pernah dipublikasikan. Membantu membangun gerakan-gerakan konservativ yang condong ke pelindungan ekologi alami di barat.

Leopold adalah seorang konservatif selama hidupnya, ia hidup di sebuah peternakan di daerah “sand counties” di Wisconsin. Dalam hidupnya dia melihat perubahan secara kasar terhadap alam liar karena eksploitasi manusia, dan bahwa manusia membutuhkan hubungan etik antara tanah dan benda-benda yang bukan manusia yang hidup di atasnya. Pencapaiannya adalah pengembangan dari apa yang ia sebut sebagai “land ethic” atau keetikan tanah. Ketika tempat itu dapat menjaga integritas, stabilitas dan keindahan dari komunitas biotic, sangat salah untuk melakukan sebaliknya. Bagaimanapun manusia bukanlah penguasa alam, mereka harus belajar bahwa mereka bagian darinya. Dalam salah satu kutipannya di dalam bukunya tersebut dia menulis bahwa seharusnya kita “dari seorang penguasa dari sebuah komunitas lahan menjadi anggota dan warganya”. Kamu hanya perlu memperhatikannya dengan seksama untuk mengatahui bahwa itu perlu dijaga.

The Communist Manifesto by Friedrich Engels and Karl Marx


Ketika pertama kali keluar banyak media yang menerjemahkan Communist Manifesto sebagai wabah yang melanda eropa. Padahal sebelum buku tersebut ditulis, Eropa telah dilanda krisis dan kaum proletar telah melakukan proter dan demonstrasi bahkan secara terorganisir 30 tahun sebelumnya. Tetapi karena Manifesto inilah ideologi para pejuang kaum pekerja berubah dari sebelumnya yang terkenal republikan-sosialis menjadi komunis. Karena dalam komunis tersebut Marx berkeinginan untuk menciptakan sistem masyarakat tanpa kelas dengan kelimpahan pangan dan hasil produksi. Marx dan Engels mendapatkan ilham pemikirant tersebut berasal dari para pemikir atheis tahun 1830 an, tetapi setelah tahun 1842 Engels berada di Manchester. Engels dan Marx sadar bahwa hanya dengan kaum proletar sajalah tujuan tersebut dapat berhasil dilakukan.

Sebenarnya Manifesto bukan hanya mengenai proletar saja. Bagian pertamanya mengenai kapitalisme yang telah mengemban peran revolusioner dengan menganti semua keberpihakan terhadap satu tujuan yaitu untuk pasar saja. Salah satu kutipan di dalam Manifesto tertulis seperti ini:

“Para burjuis tidak mungkin ada tanpa adanya revolusi dari instrumen produksi, dan hubungan antara produksi dan semua lapisan masyarakat. Tetapi kesemua itu yang seharusnya suci melebur ke udara dan tercemarkan, dan manusia yang lain dipaksa untuk menghadapi keadaan nyata hidupnya, dan hubungannya dengan sesama.”

Kelas orang-orang bisnis di jaman industri dulu telah membawa sebuah perkembangan teknologi tetapi dengan kurangnya kesadaran akan sosial. Dari itu Marx dan Engels beranggapan, setelah melihat kesetimpangan yang ada, satu-satunya jalan adalah dengan memberikan alat politik terhadap kaum proletart agar memiliki kekuatan.

Manifesto dipublikasikan seminggu tahun 1848 sebelum revolusi di Prancis, dan kemudian disebar dari Paris ke Jerman, dimana revolusi skala penuh telah pecah. Komunis dan murid-murid radikal berdampingan dengan para radikal demokratis melawan monarki dan burjois. Setelah itu setiap revolusi selalu ada komunis yang berada di depan. Pemikiran ini sungguh sangatlah kuat dan berbahaya karena telah membuat banyak generasi orang-orang melewati berbagai pengucilan, penyiksaan dan penjara di kamp konsentrasi.



Ketika pertama kali di keluarkan pada tahun 1987, buku ini sungguh sangat mengerikan. Menceritakan pengalaman seorang budak wanita Afrika di Amerika. Kisah yang membuat pintu baru mengenai keberadaan sebuah dunia yang mengerikan. Terdapat bagian dimana sang wanita itu rela mencekik bayinya sendiri agar tidak hidup di dalam dunia perbudakan. Dan juga kesan nada mencekam yang dituliskan oleh Toni disini sangat kentara, sebuah buku yang meninggalkan ranah fiksi dan memaksa kita untuk tetap berada di dunia ini. Dan bahwa dunia sebenarnya tidak baik-baik saja. Tidak ada penulis yang mampu berada di ranah dunia seperti ini tanpa membaca buku ini.

Comedies, Histories & Tragedies by William Shakespeare



Bayangkan sebuah dunia tulisan tanpa “Beware the Ides of March” dan ketika Brutus menusuk Caesar, tanpa Malvolio, tanpa Cleopatra dan Lady Macbeth dengan karisma gelapnya. Tanpa suara Caliban dan pikiran bahwa “Kita adalah hal yang sama seperti mimpi dibuat”. Itu pastilah dunia tanpa Mr William Shakespear’s Comedies, Histories & Tragedies.


Setiap pemikir besar dan sastrawan pasti memilki edisi dari Shakespeare ini. Freud mengatakan bahywa pshychoanalysis adalah deskripsi kembali dari apa yang ia pelajari dari karakter di Shakespear. Marx belajar banyak akan kekuatan uang dari Timon of Athens yang tentunya juga dari dunia sekitarnya. Abraham Lincolnd akan membaca Shakespeare keras-keras selama berjam-jam dengan sekertarisnya sebagai satu-satunya pendengar. Nelson Mandela dan rekannya mempunyai salinan lengkap yang disembunyikan di pulau Robben. Seperti kata Ben Jonson tulis dalam puisinya buku ini “bukan untuk satu jaman, tetapi untuk selamanya”.

Mungkin kalian tidak sadar bahwa buku adalah ide-ide yang mungkin telah tertancap ke kepala kalian dan kalian tidak juga menyadari bahwa cara kalian hidup telah terbentuk karena buku-buku.

No comments:

Post a Comment